BAZNAS Kota Depok berhasil memberdayakan Regina dalam menjalankan usahanya. Jika dulunya Regina merupakan seorang mustahik, namun kini setelah menjadi binaan BAZNAS Depok, Regina berhasil bertransformasi menjadi muzaki.

Regina merupakan seorang mustahik penerima manfaat program pemberdayaan usaha BAZNAS Depok tahun 2021 yang memproduksi roti dengan nama produk “Ide Roti”. Regina merupakan binaan PD Salimah Depok selaku mitra pemberdayaan BAZNAS Depok

Sebelum dibantu oleh BAZNAS Depok, ia hanya menghasikan kurang dari 2 juta rupiah dalam sebulan. Namun dengan hadirnya BAZNAS, kini Regina memiliki omset dalam satu bulan sebesar 7-8 juta.

Usahanya yang dijalankan Regina dimulai sejak 2018 dan mulai berkembang pesat tahun 2021, “Berawal modal 2 juta yang diberikan BAZNAS Depok lalu Salimah melakukaan pendampingan kepada saya, kini omset yang saya dapat sebesar 7-8 juta perbulanbahkan pernah sampai 10 juta,” ucap Regina.

Regina berharap BAZNAS Depok dapat membantu ia dalam pembelian alat sehingga  produksi roti bisa dibuat dalam jumlah banyak, “Kadang ada orderan roti yang cukup banyak, karena alat terbatas sehingga tidak bisa memenuhi orderan dalam jumlah banyak, harapan saya BAZNAS Depok bisa membantu pembelian alat tersebut” ucapnya

“Hal ini menjadi bukti bahwa dana zakat yang diberikan oleh para muzaki kepada para penerima manfaat itu nyatanya adanya, faktanya bahwa dana dari muzaki dapat menciptakan muzaki baru,”ujar Rovi Octaviano Vustany, S.P., M.Si selaku Wakil Ketua III BAZNAS Kota Depok, Minggu, (20/11/2022).

Rovi menjelaskan, proses yang dilalui Regina ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh waktu sekitar 4 tahun untuk menjadikan usahanya semakin berkembang.

Rovi juga mengucapkan terima kasih kepada Regina yang telah bekerja keras untuk keluar dari posisi mustahik. Kerja kerasnya telah berbuah manis bisa menjadi muzaki. Bukan hanya bisa menghidupi diri sendiri tetapi juga orang lain.

“Insya Allah dana zakat yang dititipkan para muzaki melalui BAZNAS Depok dapat  melahirkan muzaki-muzaki baru,” tuturnya.

Sementara itu, Regina menjelaskan bagaimana usahanya dapat bertahan meski di tengah pandemi Covid-19. Belum lagi bahan-bahan roti yang semakin naik membuatnya harus melakukan strategi agar kualitas rotinya tidak menurun.

“Kemudian yang terpenting juga bagi kami adalah memastikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rotinya terjamin halal dan sehat untuk dikonsumsi,” Ujar Regina

Usaha Roti UMKM Binaan BAZNAS Depok Miliki Omset 7-8 Juta Dalam Sebulan

You May Also Like