Optimalisasi Pengelolaan ZIS, BAZNAS Depok Perkuat Silaturahmi Dengan Diskominfo Depok

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Senin (16/10). Pertemuan tersebut bertujuan untuk penguatan sosialisasi program zakat yang dimiliki Baznas Kota Depok.

Ketua BAZNAS Depok, Endang Ahmad Yani mengatakan sosialisasi perlu dilakukan agar meningkatkan perolehan zakat di Kota Depok. Karena menurut perhitungannya potensi zakat di Kota Depok mencapai Rp 8,5 miliar pada tahun 2023. 

“Namun, menurut data per September 2023 pendapatan zakat di Kota Depok baru sekitar Rp 4,2 miliar. Mudah-mudahan dengan kerjasama ini bisa semakin baik dan tingkat kesadaran warga meningkat sehingga kita bisa berkontribusi dalam program strategis di Pemkot Depok,” ungkapnya. 

Saat ini imbuhnya, ada lima program zakat yang dimiliki Baznas Kota Depok. Meliputi zakat fitrah yaitu adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri, kemudian zakat penghasilan yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki pada saat pendapatan atau penghasilan diterima oleh seseorang yang sudah dikatakan wajib zakat. 

“Selanjutnya zakat perdagangan, zakat ini dikeluarkan dari harta niaga, sedangkan harta niaga adalah harta atau aset yang diperjualbelikan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan, lalu zakat saham yang dilakukan atas kepemilikan saham atau surat bukti persero dalam suatu Perusahaan Terbatas (PT), sesuai dengan nilai dan jumlah lembar sahamnya,” ungkapnya. 

“Terakhir zakat emas dan perak. Zakat emas, perak, atau logam mulia adalah zakat yang dikenakan atas emas, perak dan logam mulia lainnya yang telah mencapai nisab dan haul,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Diskominfo Kota Depok, Manto siap berkolaborasi dan selalu mendukung program yang dimiliki oleh BAZNAS Kota Depok. Sebab program yang dimiliki sangat baik untuk mengingatkan warga masyarakat dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi wajib zakat.

“Memang dari sebelum-sebelumnya kita sudah berkolaborasi dengan BAZNAS Kota Depok untuk mendeseminasikan informasi terkait program-program yanga ada di termasuk masalah zakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga siap untuk menyediakan layanan wifi gratis di kantor BAZNAS Kota Depok. Sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan layanan internet gratis bagi masyarakat. “Insya Allah kami akan tindak lanjuti permintaan wifi di kantor BAZNAS Depok,” tutupnya.

Share
You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

About Us

BAZNAS Kota Depok dibentuk berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No: DJ.II/568 Tahun 2014 tentang Pembentukan BAZNAS Kabupaten/Kota se-Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 5 Juni 2014.

Close
Dapatkan arah
'; ';
Tunjukkan pilihan Sembunyikan pilihan
Print Reset
Dapatkan arah ...
Close
Find Nearby Simpan lokasi penanda Dapatkan arah

Quick Links

Donasi

Kurban

YouTube

© 2023 Created with BAZNAS Kota Depok

Scroll to Top
×

Assalaamu'alaikum!

Klik pada kontak dibawah untuk berbicara dengan amil kami via whatsapp

× butuh bantuan?