Melalui Baznas Kota Depok: Jadikan Depok Menjadi Kota Zakat di Indonesia

 

Depok, 01 September 2022. Walikota Depok Dr. KH. Mohammad Idris, MA. melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok Periode 2022-2027, bertempat di Gedung Balaikota, lantai 5.

Zakat memiliki posisi dan peran yang penting dalam mempengaruhi, membentuk dan mengarahkan ekonomi Islam, hampir di seluruh konsekuensi penting, seperti memberantas kemiskinan, memastikan pemerataan kekayaan ke seluruh aspek, merangsang pertumbuhan ekonomi, dan sebagai alat untuk stabilisasi siklus ekonomi dan mendorong tingkat kesejahteraan sosial. Zakat sebagai lembaga Islam berperan dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat sehingga hampir dipastikan tidak ada masyarakat yang menderita akibat tidak terpenuhinya kebutuhan dasar.
Hal ini terbukti dari hasil riset yang di lakukan oleh Irfan Syauqi Beik di Jakarta, hasilnya adalah dana zakat yang telah disalurkan mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga mustahik rata-rata 9,82 persen. Secara empiris dan catatan sejarah otentik zakat memiliki kemampuan dalam mengentaskan kemiskinan, hal ini terbukti di Yaman oleh Umar bin Khattab (12-22 H) dan di Mesir pada masa Khalifah Umar bin Abdul Azis (99-101 H). Hanya dengan tempo 2.5 tahun, Umar bin Abdul Azis mampu memakmurkan negeri yang luasnya mulai dari semenanjung Baghdad hingga Afrika dengan konsep penguatan fungsi baitul maal.

Berdasarkan kajian laporan indikator pemetaan potensi zakat oleh Pusat Kajian Strategis Baznas Provinsi Jabar tahun 2021 dan wawancara pimpinan Baznas Kota Depok periode sebelumnya, besarnya potensi Zakat di Depok sebesar Rp. 372 Miliar pertahun, dengan rincian zakat makanan pokok Rp. 50 juta, zakat peternakan Rp. 4 miliar, zakat uang Rp. 351 M dan Zakat penghasilan ASN Rp. 12 M.

Menurut ketua Baznas Kota Depok periode 2022-2027 yaitu Dr. Endang Ahmad Yani, SE, MM, potensi tersebut bisa direalisasikan melalui kerjasama semua stake holder yang ada di Depok melalui strategi membuat program unggulan yang menyentuh semua lapisan masyarakat, sosialisasi pimpinan Baznas dan pemerintah kepada struktur masyarakat secara komprehensif, strategi membuat data base muzakki dan Mustahik, optimalisasi teknologi sebagai sarana pengelolaan zakat dan pembuatan peraturan walikota tentang pengelolaan zakat, infaq dan sedekah dari pegawai di lingkungan Pemkot Depok.


Dalam sambutannya Walikota Depok berharap para Pengurus BAZNAS yang pada hari ini dilantik, mengatakan, “Hadirnya Baznas Kota Depok, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengentasan kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah Kota Depok, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Baznas periode sebelumnya yang sudah memberikan kontribusi terbaiknya yaitu menghimpun dana zakat dan infaq sebesar Rp. 4,7 Miliar per tahun, sudah meraih antara lain Kategori Cukup Baik dari indikator ada laporan keuangan diaudit dengan mendapatkan opini WTP, memiliki aplikasi ISO Mutu 9001 serta mendapatkan 4 penghargaan dari Baznas Provinsi Jawa Barat antara lain menjalankan fungsi kordinasi terbaik dengan Pemda, sebagai nominator pada kategori pengelolaan website dan sosmed, nominator pada kategori operasional kelembagaan dan penghargaan kepada Wali Kota Depok sebagai Pemerintah Daerah pendukung pengelolaan zakat.

Semoga dengan dilantiknya pengurus baru kinerja BAZNAS Kota Depok bisa menjadi Kota Zakat yang pertama di Indonesia, kemudian terus berkembang semakin baik sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Acara pelantikan tersebut dihadiri, Pimpinan Baznas RI, Baznas Propinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kota Depok dan seluruh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Kepala OPD, Kepala Kemenag Kota Depok, Ketua MUI Kota Depok, Lazismu Kota Depok, Lazisnu Kota Depok dan Ketua Apindo Kota Depok.
Walikota juga berharap agar pengurus BAZNAS yang baru untuk segera menyusun program kerja dan membuat inovasi-inovasi baru dalam pengelolaan zakat yang sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, Walikota ucapkan selamat dan sukses kepada Pimpinan BAZNAS terpilih Periode 2022-2027.

Share
You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

About Us

BAZNAS Kota Depok dibentuk berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No: DJ.II/568 Tahun 2014 tentang Pembentukan BAZNAS Kabupaten/Kota se-Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 5 Juni 2014.

Close
Dapatkan arah
'; ';
Tunjukkan pilihan Sembunyikan pilihan
Print Reset
Dapatkan arah ...
Close
Find Nearby Simpan lokasi penanda Dapatkan arah

Quick Links

Donasi

Kurban

YouTube

© 2023 Created with BAZNAS Kota Depok

Scroll to Top
×

Assalaamu'alaikum!

Klik pada kontak dibawah untuk berbicara dengan amil kami via whatsapp

× butuh bantuan?