Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok merupakan lembaga pemerintah non struktural yang senantiasa meningkatkan peran sebagai mitra pemerintah.  Pengelolaan zakat oleh BAZNAS Kota Depok mencapai peningkatan mutu.  Hal ini ditandai dengan peningkatan kapasitas SDM, tatakelola zakat, termasuk tata kelola keuangan yang telah dinyatakan wajar tanpa pengecualian oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) sejak 2017, serta audit kepatuhan syariah.  BAZNAS Kota Depok meraih penghargaan tingkat Provinsi sebagai BAZNAS Kabupaten/Kota terbaik dalam Operasional Kelembagaan se BAZNAS Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Dokumentasi Penyerahan Bantuan untuk Santri-santri di Kota Depok

Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan penetapan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani pada 15 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta. BAZNAS Kota Depok turut memperingati Hari Santri Nasional yang dikaitkan dengan pilar program “Depok Taqwa” BAZNAS Kota Depok.  BAZNAS Kota Depok memberikan dukungan terhadap santri-santri yang tersebar di Kota Depok.  Jumlah santri di Kota Depok sebanyak 15.953 santri dalam naungan 109 lembaga pendidikan Islam.

Melalui peringatan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh Kemenag Depok, BAZNAS Kota Depok menyalurkan bantuan sebesar Rp. 15 juta, diserahkan langsung oleh Bapak KH Encep, MA selaku Ketua BAZNAS Kota Depok kepada Kepala Kemenag Depok. Selain itu BAZNAS Kota Depok juga menyalurkan bantuan kepada pesantren-pesantren di Kota Depok, dua diantaranya adalah Pondok Pesantren Madinatul Qur’an dan Cendekia Amanah.

Peringatan Hari Santri Nasional 2020 dimeriahkan dengan pemasangan spanduk di titik-titik strategis di Kota Depok, pemasangan spanduk merupakan reminder kepada masyarakat agar turut bersuka cita memperingati hari santri tahun ini.  Peringatan yang bukan sekedar momentum namun menandai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) santri sebagai asset bangsa.  “SDM Unggul, Indonesia maju, Santri sehat, Indonesia Kuat”.

Pemasangan Spanduk oleh Amil BAZNAS Kota Depok di beberapa titik di Kota Depok

Dukungan santri enterpreuner,  diberikan oleh BAZNAS Kota Depok melalui Pondok Pesantren Cendekia Amanah Kota Depok dengan Program Pesantren Kuliner serta usaha hidroponik.  Penguatan pesantren wirausaha akan berkontribusi bagi peningkatan perekonomian nasional, terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini.

Menjadi santri adalah upaya menjadi manusia sejati dan meneladani Rasulullah Muhammad saw. Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020.

PERINGATAN HARI SANTRI NASIONAL 2020

You May Also Like